Untuk artikel ini nggak di
khususkan untuk mahasiswa aja loh, semua umur boleh baca dan disini akan
mengupas lebih dalam tentang Organisasi. Khususnya yang udah jadi mahasiswa.
Sebagai pembuka, mari kita simak
arti penting dari organisasi. Organisasi
adalah
suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu
sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai
bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan
manajemen.kalian disini selain mengejar akademik. Kalian juga harus meningkatkan Soft Skill yang nggak kalian dapetin di bangku perkuliahan. Tapi, kalian harus mencari UKM/BEM dikampus kalian masing-masing. “Ah! Ngapain sih organisasi, rapat melulu buang-buang waktu. Mending maen,nongkrong,maen PS itu lebih refreshing daripada rapat mulu bosen!!!.” “Ah, organisasi? Enakan dirumah tidur.” “Organisasi? Hehehe nanti-nanti aja deh” “ngapain sih lu rapat-rapat melulu. Mendingan maen sama kita-kita sini” itulah kata-kata yang gue dapet dari temen-temen yang belum berorganisasi. Manfaatnya organisasi itu apasih? Yuk simak berikut ini.
1. Belajar kerjasama Tim
Organisasi? Yaitu kita
bersama-sama dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Bersama berarti kita
dituntut harus bekerjasama, dalam berorganisasi sangatlah penting kerjasama
tim. Mulai dari tim acara, humas, maupun konsumsi. Mereka harus saling bekerja
sama dalam hal membangun sukses nya acara. Karena jikalau satu sama lain
tidaklah bekerja sama pasti acara akan berantakan.
2. Menambah link
Ketika sudah masuk 1
organisasi/UKM kita akan dikenalkan senior kita yang sudah berpengalaman dalam
hal segalapun, link untuk bekerja ataupun link sponsorship, peralatan ataupun
lain-lain. Semakin banyak senior/orang-orang di organisasi yang kita kenal. Maka
semakin banyak juga link kita.
3. Mampu berkomunikasi dengan baik
Orang-orang yang ikut
berorganisasi itu sudah dilatih cara berkomunikasi dengan baik, mulai dari
berkomunikasi didepan umum maupun berkomunikasi dengan calon Sponsorship. Dalam
organisasi tata cara berkomunikasi sering disebut juga dengan RETORIKA
PROTOKOLER. Retorika yaitu seni
berbicara atau keterampilan berbicara, yakni ilmu yangmempelajari cara mengatur
kata-kata supaya timbul kesan. Protokoler
pengaturan tata cara, upacara,gelar kegiatan dan aneka jenis perlengkapan serta penataan tempat dan dekorasi, yang diolah atau disusun
secara tertib.
4. Menambah teman
Menambah pertemanan adalah hal
wajib di setiap organisasi, kini ketika masuk di sebuah organisasi kalian bukan
hanya menambah pertemanan saja. Tapi kalian akan menemukan berbagai macam
teman-teman kita mulai dari watak,keras,lembut dll. Karena tiap seseorang itu
isi kepala nya beda.
5. Dilatih untuk menjadi Pemimpin
Banyak para tokoh-tokoh hebat
mereka berawal dari organisasi. Karena di organisasi lah kalian belajar
bagaimana menjadi pemimpin. Dari pemimpin divisi acara maupun pemimpin 1
organisasi. Tapi bagaimana ya jikalau 1 orang menjadi pemimpin di 2 organisasi
? wah, itu hebat banget berarti hehe. Pemimpin itu bisa memimpin diri sendiri,
baru ia memimpin orang lain. Kalo mimpin diri sendiri aja belum bisa gimana
kita mau mimpin orang lain hehe, maka di organisasi lah kita belajar banyak
hal.
6. nilai lebih ketika mau melamar kerja
Ketika kita sudah belajar cara
berkomunikasi, kerjasama tim, dan dilatih kepemimpinan. Kini sekarang kita coba
melamar pekerjaan. Dengan dibekali kemampuan berorganisasi yang baik. Jangan salah
lho, ketika kita diwawancara. Kita ditanya tentang oraganisasi “Pernah ikut organisasi apa?” “bisa
kerjasama tim dengan baik ngga?”.
7. menambah PD ( Percaya diri )
Karena pengalaman di organisasi
lah yang membuatmu kemana-mana makin percaya diri, bertemu dengan orang besar
kini udah nggak canggung lagi, kini kalian bisa membuka obrolan dengan baik dan
mengikuti alur obrolan tersebut. Bukan hanya ngobrol aja, tapi kita pergi ke
sponsorship juga makin percaya diri. Ataupun ketika berbicara didepan banyak
orang.
8. Mengasah kreativitas
Kreativitas disini diperlukan
saat kita mengadakan suatu acara, terlebih lagi acaranya besar. Kreativitas disini
bermain kala membuat acara yang bagus, karena acara yang baik tidaklah terlepas
dari kreativitas yang besar.
9. Melatih membagi waktu
Nah, membagi waktu disini adalah
membagi waktu antara kuliah, organisasi, dan dengan keluarga. Mungkin waktu kita
banyak disita dengan organisasi, jadi kita jarang ketemu keluarga. Terkadang rapat
yang larut malam membuat kita jarang bertemu karena waktunya tidur kita baru
pulang. Kini kita dituntut harus berbagi waktu dengan kuliah. Tetap kalian
harus prioritaskan itu Kuliah, baru organisasi. Organisasi boleh bagus, tapi
nilai jangan sampe ketinggalan. Jadi harus seimbang antara organisasi dengan
kuliah.
10. Menyayangi keluarga
Kalau orang yang aktif di
organisasi itu pasti deh jarang pulang, pasti juga jarang ketemu keluarga. Disitulah
kami belajar kalau keluarga itu sangatlah berharga lebih dari apapun,
Telfon/Whats app/Video Call itu nggak bisa ngobatin rasa kangen nya kita dengan
keluarga, Cuma bisa diobatin dengan bertemu langsung. Maka dari itu kita lebih
menyayangi keluarga karna waktu yang jarang untuk mereka. Kita lebih harus
meluangkan waktu dengan keluarga.
Terakhir adalah gue ngutip kata dari Pak Anies Baswedan
“IP yang baik hanya akan mengantarkan anda wawancara. Tetapi yang
membuat anda diterima adalah Leadership skill, karakter dan etos dan itu semua
didapatkan tidak diruang kelas. Di universitas paramadina mahasiswa kami tidak
hanya mendapatkan transkip nilai akademik tetapi juga transkip non akademik. Transkip
non akademik mencatat kegiatan para mahasiswa dalam berorganisasi. Bagi saya
lulus dengan IPK tinggi itu baik, tapi lulus dengan IPK baik plus pengalaman organisasi jauh lebih
baik, caranya lihat syarat pendaftaran IPK minimum untuk mendaftar S2. Adik-adik
akan hidup di dunia baru yang berbeda dengan hari ini. Ada satu karakter yang
penting yaitu integritas. Karena integritas lebih dari sekedar kejujuran.”
Begitulah nasihat dari Pak Anies
Baswedan.
Semoga artikel ini bermanfaat
buat kalian, kalau bisa kalian mengurus lebih dari 1 organisasi. Karena pengalamannya
mungkin lebih baik lagi dan mungkin tantangannya lebih baik lagi. Nantikan artikel
bermanfaat selanjutnya untuk kalian.
0 komentar:
Post a Comment